POLL

Setelah Lulus SMP, Tujuan kamu adalah
 

Kamu Perlu Tahu

Logo Kampus Vincentius
vincentius
article thumbnail

  Makna Logo: · Sebuah pohon dengan 3 buah cabang. Kampus Santo Vincentius yang kokoh bersatu sebagai tempat untuk mendidik generasi muda · 3 cabang dengan 3 lingkaran d [ ... ]


Kamera In Action

  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera

Sekitar Kita

KIDS MOMENT WITH PARENTS
21/10/2015 | vincentius
article thumbnail

KEGEMBIRAAN KAMI DALAM KEGIATAN KIDS MOMENT WITH PARENTS KB – TK SANTO VINCENTIUS SABTU, 17 OKTOBER 2015
Pada hari Sabtu, 17 Oktober 2015 KB – TK Santo Vincentius melakukan kegiatan Kids Moment [ ... ]


PSB2018
06/10/2016 | vincentius
article thumbnail

Untuk Informasi Lebih Lanjut silahkan Hubungi Kami. Form Pendaftaran TK dapat di Download disini. Form Pendaftaran SD dapat di Download disini. Form Pendaftaran SMP dapat di Download disini.  [ ... ]


Other Articles
Teknologi

Pesawat Bermesin Jet Tidak Dapat Menembus Awan Debu Vulkanik,

Yang Benar Saja...

 

Debu Vulkanik yang berasal dari letusan gunung berapi

Debu Vulkanik yang berasal dari letusan gunung berapi

Inter Milan mampu mengalahkan Juara Bertahan Bercelona FC di Semifinal Liga Champion Eropa, hingga akhirnya dapat memenang trophy paling bergengsi di tingkat eropa setelah menekuk Bayer Munchen di final. Sebenarnya banyak spekulasi ketika kemenangan Inter dikandang ketika mereka menjamu Bercelona di semifinal. Walaupun Barca telah berhasil mencuri gol di awal tetapi pada akhirnya mereka harus menyrah 3 - 1 di kandang inter. Spekulasi yang beredar mengenai kekalahan Barca adalah dikarenakan kelelahan pemain-pemain Barca saat harus bermain di kandang Inter. Kelelahan pemain-pemain Bercelona setelah mereka harus menempuh perjalanan selama 14 jam dengan menggunakan Bus dikarenakan Debu Vulkanik yang berasal dari letusan gunung di Islandia yang mengganggu penerbangan hampir diseluruh eropa. 

Menjadi pertanyaan apakah Pesawat Jet buatan manusia benar-benar tidak mampu menembus Debu Vulkanik itu. Padahalkan itu hanya debu mengapa pesawat yang sangat canggih itu perlu takut. Apa sich sebenarnya yang terkandung di dalam debu vulkanik itu sehingga pesawat tidak berani melewatinya ?

Cara kerja mesin Jet adalah menghisap udara dalam jumlah yang sangat banyak lalu mencampurnya dengan bahan bakar setelah itu proses pembakaran sehingga pada akhirnya menghasilkan energi yang memampukan pesawat itu dapat terbang.

Ternyata bila kita teliti lebih dalam debu-debu vulkanik ini mengandung partikel-partikel yang sangat kecil berupa kaca. jadi ketika Mesin jet itu melalui debu Vulkanik maka otomastis partikel-partikel kaca ini juga ikut terhisap kedalam mesin jet. dan kita tahu bahwa kaca dapat meleleh bila di panaskan. Titik leleh dari kaca sekitar 1.100 celcius dan mesin jet bekaerja pada suhu 1300 sampai 1500 celcius. Nah ini lah yang akan terjadi ketika debu vulkanik itu masuk kedalam mesin jet maka spartikel  kaca tersebut akan meleleh dan menempel di setiap bagian mesin jet dan akahirnya dapat membuat mesin jet menjadi macet atau mati. Buruknya lagi debu-debu vulkanik ini biasanya perkumpul pada ketinggian yang sering dilalui oleh pesawat-pesawat komersial pada umumnya. Tetapi jika pada dataran rendah maka partikel-partikel kaca ini akan terurai sehingga tidak memiliki pengaruh pada kendaraan didarat seperti mobil ,kereta api ataupun kapal laut.

Menurut Boeing, salah satu produsen pesawat komersial terbesar, mengatakan bahwa telah terjadi sekitar 90 insiden dimana pesawat dirusak oleh debu vulkanik selama 3 dekade terakhir. Kasus terparah terjadi pada pesawat British Airways jurusan London menuju Auckland, Selandia Baru. Pada tanggal 24 Juni 1982, Boeing 747-200 terbang menembus debu vulkanik dari Gunung Galunggung di Indonesia. Setelah menembus debu vulkanik tersebut seluruh 4 mesin jet nya, langsung mati dalam waktu 1 menit. Pesawat langsung drop dari ketinggian 36,000 kaki ke 13,000 kaki sampai kru pesawat akhirnya berhasil menghidupkan kembali mesin satu persatu.

Pilot menemukan bahwa mesin jet sering dapat kembali dihidupkan ketika pesawat turun ke ketinggian yang lebih rendah, karena kaca2 vulkanik pada bagian2 mesin tadi mengeras, pecah, dan runtuh dari mesin jet. Pesawat British Airways tadi mendarat dengan aman di Jakarta, tapi debu vulkanik telah menutupi kaca depan pesawat, membuat pilot kesulitan melihat landasan pacu untuk mendarat.

Debu vulkanik jarang terlihat di radar cuaca pesawat, karena radar tersebut di desain untuk mendeteksi kelembaban (awan petir) dan debu vulkanik terlalu kering - atau partikelnya terlalu kecil untuk terbaca oleh radar. Lagipula, debu vulkanik tidak terlihat pada malam hari.

 

Admin : dari berbagai sumber     

{jcomments on}