POLL

Setelah Lulus SMP, Tujuan kamu adalah
 

Kamu Perlu Tahu

Logo Kampus Vincentius
vincentius
article thumbnail

  Makna Logo: · Sebuah pohon dengan 3 buah cabang. Kampus Santo Vincentius yang kokoh bersatu sebagai tempat untuk mendidik generasi muda · 3 cabang dengan 3 lingkaran d [ ... ]


Kamera In Action

  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera

Sekitar Kita

PSB2018
06/10/2016 | vincentius
article thumbnail

Untuk Informasi Lebih Lanjut silahkan Hubungi Kami. Form Pendaftaran TK dapat di Download disini. Form Pendaftaran SD dapat di Download disini. Form Pendaftaran SMP dapat di Download disini.  [ ... ]


Kreatif
22/09/2016 | vincentius
article thumbnail

Menumbuhkan Kreatifitas Anak   Semua orangtua ingin anaknya kreatif dan pandai. Kreativitas tidak muncul tiba-tiba, tetapi tahap demi tahap tumbuh dari pengalaman sehari-hari sejak usia dini. Salah [ ... ]


Other Articles
Sejarah Tata Letak Keyboard

ADA APA DENGAN SUSUNAN KEYBOARD

 

QWERTY, pasti kamu sering mendengar istilah ini. Ya benar Istilah ini semakin luas diperkenalkan seiring dengan makin populernya Blackberry. Salah satu produsen Hand Phone (HP) ini yang memperkenalkan untuk pertama kalinya susunan keypad yang berbeda dengan HP yang telah beredar dipasaran. Tetapi sebenarnya susunan keypad itu mengikuti pola susunan pada keyboard yang sering kita gunakan pada komputer. Yang menjadi pertanyaan kini adalah apakah kamu pernah berpikir mengapa susunan keyboard yang kita gunakan seperti sekarang ini. Dan tidakkah ada susunan yang lain yang lebih efisien dan efektif untuk kita gunakan. Lalu apakah susunan keyboard seperti ini digunakan diseluruh Negara didunia.

Bila kita membicarakan susunan keypad pada keyboard maka kita tidak terlepas dari Mesin ketik. Mesin ketik komersial pertama yang di produksi pada tahun 1874 oleh perusahaan Remington & Sons yang menggunakan susunan QWERTY  pada papan ketik mereka. Mesin ketik ini di rancang oleh Christopher Sholes . Istilah QWERTY ini diambil dari enam huruf pada susunan teratas dari sebuah keyboard.

Susunan Keyboard QWERTY

Susunan Keyboard QWERTY

Sebenarnya susunan keypad yang asli rancangan Christopher Sholes ini tidaklah QWERTY, tetapi susunan asli itu memiliki masalah yaitu seringnya mesin ketik itu menjadi stuck atau tersangkut antara huruf yang satu dengan yang lainnya ( mesin ketik menggunakan batang-batang huruf yang menghentak pita sehingga mengasilkan cetakan huruf ) karena kecepatan dari juru ketik atau pengguna. Jadi ceritanya Christopher Sholes mengubah rancang huruf-huruf yang sering digunakan dijauhkan satu dengan yang lainnya sehingga memperlambat juru ketik dan menghindari masalah tersangkutnya huruf yang satu dengan yang lainnya. Ini berarti susunan QWERTY adalah susunan yang paling tidak efisien karena ditujukan agar kita dapat mengetik dengan lebih lambat.  

Pada masa itu banyak susunan keypad lain tetapi model lainnya itu hanya digunakan sesaat lalu menghilang. Hingga pada akhirnya pada tahun 1932, dengan dana dari Yayasan Carnegie, Profesor Agustus Dvorak, dari Washington State University, ditetapkan untuk mengembangkan susunan keypad pada mesin tik yang terbaik untuk semua. Dikenallah dengan istilah susunan DVORAK yang ditemukan pada tahun 1940.

Dengan susunan DVORAK diklaim dapat mengetik dengan lebih efisien. Susunan keypad DVORAK ini menggunakan kelima vokal dan lima konsonan yang paling umum digunakan yaitu  AOEUIDHTNS . mereka juga mengklaim dengan DVORAK maka juru ketik dapat mengetik 38 % lebih cepat kata-kata dalam bahasa inggris.
 
Susunan Keyboard DVORAK

Susunan Keyboard DVORAK

 
Tetapi Studi independen tahun 1956 menunjukkan bahwa juru ketik yang mnggunakan QWERTY  dan juru ketik DVORAK memiliki tingkat kecepatan yang sama, dan studi lanjutan tidak menunjukkan pemenang antara keduanya dua. Kegagalan DVORAK menundukan dominasi QWERTY  ini mungkin menjelaskan mengapa QWERTY masih menjadi standar internasional, ditambah lagi QWERTY lebih dulu Populer daripada DVORAK.

Susunan keyboard lainnya yang masih perkembangan dari susunan QWERTY adalah QWERTZ yang dipakai di negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss, dll. AZERTY oleh negara Prancis dan Belgia, dll.
 

Nah sekarang kamu sudah lebih tahukan ???

 
 
 
Admin
(Dari beberapa sumber)
 
{jcomments on} {jcomments off}