POLL

Setelah Lulus SMP, Tujuan kamu adalah
 

Kamu Perlu Tahu

Logo Kampus Vincentius
vincentius
article thumbnail

  Makna Logo: · Sebuah pohon dengan 3 buah cabang. Kampus Santo Vincentius yang kokoh bersatu sebagai tempat untuk mendidik generasi muda · 3 cabang dengan 3 lingkaran d [ ... ]


Kamera In Action

  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera

Sekitar Kita

KIDS MOMENT WITH PARENTS
21/10/2015 | vincentius
article thumbnail

KEGEMBIRAAN KAMI DALAM KEGIATAN KIDS MOMENT WITH PARENTS KB – TK SANTO VINCENTIUS SABTU, 17 OKTOBER 2015
Pada hari Sabtu, 17 Oktober 2015 KB – TK Santo Vincentius melakukan kegiatan Kids Moment [ ... ]


ID Card
30/09/2014 | vincentius
article thumbnail


Other Articles
Pendeteksi Gempa
 

 SANG KATAK PENDETEKSI GEMPA

 
 
Katak dapat memprediksi gempa bumi sampai dengan 5 hari hari sebelum terjadi. Mereka dapat merasakan pelepasan gas dan partikel bermuatan tertentu yang dilepaskan dari gerakan dalam bumi sebelum serangan gempa terjadi. Katak menggunakan tanda-tanda ini sebagai bentuk sistem peringatan dini gempa bumi dan meninggalkan koloni mereka menuju tempat yang lebih tinggi untuk menghindari batu jatuh dan tanah longsor. Para peneliti katak yang belajar di Italia melihat bahwa 96% dari katak jantan meninggalkan koloni mereka 3-5 hari sebelum gempa 6,3 yang melanda L'Aquila pada April 6 Maret 2009 lalu.

Pada bulan Mei 2008 gempa bumi dahsyat mengguncang provinsi Sichuan di Cina menewaskan lebih dari 40.000 orang. Hanya 2 hari sebelum gempa terjadi, ada migrasi besar-besaran pasukan katak  cokelat kecil yang memenuhi jalan-jalan desa yang paling dekat dengan pusat gempa. Mereka begitu banyak hampir di disetiap sudut daerah itu. Begitu banyaknya di jalan-jalan sehingga pengemudi sepedapun akan sulit untuk menghindari mereka. Pada  saat itu Otoritas setempat mengatakan kepada orang-orang  didaerah itu bahwa itu hanya sebuah ritual kawin kodok, tapi setelah gempa itu menjadi jelas bahwa katak memiliki sistem peringatan dini alami dan mencoba melarikan diri dari bahaya yang mereka rasakan.

Selama bertahun-tahun, Cina telah mempelajari binatang dan tanda-tanda alam yang dapat memberitahu kita ketika gempa akan menyerang. Mereka telah menemukan bahwa ketika sapi, domba, atau  kuda menolak untuk dimasukkan kedalam kandang, bila ayam terbang ke pohon-pohon, ketika babi keluar dari kandangnya, ketika tikus lari keluar dari tempat persembunyiannya, ketika itik menolak untuk pergi ke air , ketika merpati menolak untuk kembali ke sarang mereka, atau ketika ikan melompat dari air seolah-olah ketakutan, semua itu adalah tanda-tanda gempa bumi yang akan datang. Semua tanda-tanda hewan terjadi di menit atau jam sebelum sebuah gempa. Namun hanya katak binatang yang mampu merasakan bahaya yang datang 2-3 hari sebelumnya.
Supaya tak tertimpa seperti ini harus mencari tempat yang lebih tinggi....

Supaya tak tertimpa seperti ini harus mencari tempat yang lebih tinggi....


Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi dipermukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kebanyakan gempa bumi terjadi didekat atau sepanjang garis lempeng-lempeng tektonik yang meliputi planet kita. Hampir satu juta gempa terjadi setiap Tahun, tetapi kebanyakan bahkan tidak dirasakan. Kebanyakan gempa relatif kecil. Biasanya hanya satu Gempa Besar 8,0+ Skala Richter terjadi setiap tahun. Tapi ada sekitar 17 gempa Utama 7,0-7,9 Skala Richter, 120 gempa besar sekitar 6,0-6,9 Skala Richter, 1000 gempa sedang 5,0-5,9 Skala Richter, 6.000 gempa kecil 4,0-4,9 Skala Richter setiap tahun, dan 993.000 sisanya kurang dari 3.9 Skala Richter dan hampir tidak terasa, tetapi itu terjadi.

Gempa bumi diukur dengan sensor seismik diposisikan di seluruh dunia dan diberi kekuatan oleh Skala Richter atau Skala Magnitude Moment dimana setiap angka lebih tinggi menunjukkan gempa 10 kali lebih kuat dari sebelumnya. Dengan demikian, gempa5.0 adalah 10 kali lebih kuat dari 4.0, sebuah gempa 6,0 adalah 100 kali lebih besar dari 4.0, sebuah 7,0 adalah 1000 kali lebih lemah dari 4.0, dan 8,0 adalah 10.000 kali lebih kuat dari gempa 4,0 Gempa bumi terbesar yang pernah tercatat adalah 9,5 di Chili tahun 1960. Gempa yang melanda pantai barat Sumatera pada Desember 2004 adalah 9.2, gempa yang mengguncang Chile pada Februari 2010 adalah 8,8 dan 7 terbesar sejak pencatatan dimulai pada 1900. Gempa yang menghancurkan sebagian besar ibukota Haiti Port au Prince Januari 2010 diukur 7.0. Akan menarik untuk diketahui apakah katak pindah dari gedung Parlemen beberapa hari sebelumnya, sebab gedung ini hancur berantakan karena gempa!

{jcomments on}