POLL

Setelah Lulus SMP, Tujuan kamu adalah
 

Kamu Perlu Tahu

Logo Kampus Vincentius
vincentius
article thumbnail

  Makna Logo: · Sebuah pohon dengan 3 buah cabang. Kampus Santo Vincentius yang kokoh bersatu sebagai tempat untuk mendidik generasi muda · 3 cabang dengan 3 lingkaran d [ ... ]


Kamera In Action

  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera

Sekitar Kita

PSB2018
06/10/2016 | vincentius
article thumbnail

Untuk Informasi Lebih Lanjut silahkan Hubungi Kami. Form Pendaftaran TK dapat di Download disini. Form Pendaftaran SD dapat di Download disini. Form Pendaftaran SMP dapat di Download disini.  [ ... ]


Kreatif
22/09/2016 | vincentius
article thumbnail

Menumbuhkan Kreatifitas Anak   Semua orangtua ingin anaknya kreatif dan pandai. Kreativitas tidak muncul tiba-tiba, tetapi tahap demi tahap tumbuh dari pengalaman sehari-hari sejak usia dini. Salah [ ... ]


Other Articles
Mardi gras

PERAYAAN TERAKHIR SEBELUM MASA PRA PASKAH

Bentuk-bentuk tradisi menyambut Rabu Abu (Masa Prapaskah)

Di Jerman dikenal sebagai Fasching dengan bentuk karnaval sebagai perayaannnya. Dimulai dari malam kedua belas sesudah natal atau Epiphany sampai ‘Shrove Tuesday’ (Selasa sebelum Rabu Abu).

Di Perancis dikenal dengan sebutan Mardi Gras, dirayakan dengan bentuk karnaval . Di Perancis  dikenal juga tradisi Kue Raja. Disebut  ‘King Cake”  karena dibuat  pada saat selesai Epiphany (kunjungan tiga raja) sampai dengan awal masa prapaskah.  Kue ini dibuat dengan bentuk  lingkaran untuk menggambarkan  rute melingkar yang menunjukkan bahwa Tiga Raja sesudah mengunjungi Yesus mengambil jalan pulang yang memutar untuk membuat bingung Raja Herodes yang berniat membunuh bayi Yesus.  Biasanya ada sebuah koin atau kacang yang disembunyikan di dalam kue, dan siapa pun yang menemukan koin atau kacang tersebut memiliki nasib baik di tahun mendatang.  Di Louisiana, tukang roti sekarang menaruh boneka bayi kecil, yang mewakili Bayi Yesus, dalam kue; penerima ini kemudian diharapkan untuk menjadi tuan rumah pesta  Kue Raja  berikutnya.

Bangsa Perancislah yang membawa tradisi ini ke Amerika Serikat terutama New Orleans dan Lousiana, yang sekarang dikenal dengan perayaan karnavalnya yang meriah.

Di Inggris dikenal sebagai “Shrove Tuesday” dilengkapi dengan tradisi “Pancake Day”. Tradisi memakan pancake yang dibuat dari gula, lemak, tepung dan telur melambangkan ‘perpisahan ‘dengan bahan-bahan yang tidak akan dimakan  (terutama daging/lemak, telur) selama masa prapaskah. Pancake Day juga dirayakan dengan tradisi  kompetisi melempar ‘pancake’ (kue dadar). Pesertanya membawa wajan dan pancake, dan harus melempar serta menangkap kembali  pancakenya di sepanjang lintasan yang sudah ditentukan.  Kompetisi ini juga diikuti oleh kaum pria dengan berkostum seperti para ibu, lengkap dengan celemek dan penutup kepala. Tradisi ini konon berasal dari Olney, dimana ada seorang ibu yang sibuk membuat pancake sampai ia mendengar suara lonceng gereja yang menandakan waktu pelayanan. Ia keluar rumah sambil masih membawa penggorengan dan pancakenya.

Warna-warna yang dipakai dalam perayaan mardi gras, baik itu kostum , topeng ataupun hiasan pada kue raja adalah : hijau , kuning dan ungu. Hijau melambangkan symbol iman, kuning atau emas melambangkan symbol kekuasaan, dan ungu melambangkan symbol keadilan.

Nah itu tadi beberapa tradisi dan budaya menyambut masa prapaskah yang ada di beberapa negara Eropa dan Amerika (Amerika Serikat dan Brasil). Memang di Indonesia , umat katolik tidak mengenal tradisi “hore terakhir” serupa seperti yang ada di Eropa dan Amerika. Tapi janganlah hal ini membuat kita tidak bersemangat dalam menjalankan masa prapaskah. Kiranya yang utama adalah pertobatan dan perubahan hati dan sikap yang berkenan di hadapan Tuhan. Selamat menjalankan masa pantang dan puasa. Tuhan memberkati.

 

{jcomments on}