POLL

Setelah Lulus SMP, Tujuan kamu adalah
 

Kamu Perlu Tahu

Logo Kampus Vincentius
vincentius
article thumbnail

  Makna Logo: · Sebuah pohon dengan 3 buah cabang. Kampus Santo Vincentius yang kokoh bersatu sebagai tempat untuk mendidik generasi muda · 3 cabang dengan 3 lingkaran d [ ... ]


Kamera In Action

  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera

Sekitar Kita

PSB2018
06/10/2016 | vincentius
article thumbnail

Untuk Informasi Lebih Lanjut silahkan Hubungi Kami. Form Pendaftaran TK dapat di Download disini. Form Pendaftaran SD dapat di Download disini. Form Pendaftaran SMP dapat di Download disini.  [ ... ]


KIDS MOMENT WITH PARENTS
21/10/2015 | vincentius
article thumbnail

KEGEMBIRAAN KAMI DALAM KEGIATAN KIDS MOMENT WITH PARENTS KB – TK SANTO VINCENTIUS SABTU, 17 OKTOBER 2015
Pada hari Sabtu, 17 Oktober 2015 KB – TK Santo Vincentius melakukan kegiatan Kids Moment [ ... ]


Other Articles
Bisa Terbang

BUKAN BURUNG, TAPI BISA TERBANG

 Apakah kamu tahu kalau di dunia ini ada hewan selain burung yang dapat terbang? Berikut ini adalah contoh beberapa hewan yang dapat terbang walaupun tidak dapat terbang setinggi burung pada umumnya.
 

1. WALLACE'S FLYING FROG (Rhacophorus nigropalmatus)

Hidup didahan-dahan pohon

Hidup didahan-dahan pohon

Pertama kali ditemukan dan dinamai oleh seorang ahli biologi berkebangsaan inggris Alfred Russel Wallace pada tahun 1869.  Bukan seperti katak biasanya, mungkin Rhacophorus nigropalmatus  merupakan katak paling dramatis saat ini, katak terbang/flying frog begitulah namanya, hidup di atas pohon dan hanya turun ke permukaan tanah untuk melakukan perkawinan.
 
 ciri-ciri fisik dari katak ini adalah:
a. Katak ini relatif kecil hanya berukuran sekitar 9 - 10 cm
b. Memiliki mata yang besar dan mencolok
c. Alat pendengaran terletak di belakang mata. disebut juga tympanum membrane.
d. Tubuh berwarna hijau terang dengan kombinasi kuning muda di bagian rusuk dan juga jari - jari serta
Hup....lihatlah gayaku terbang..

Hup....lihatlah gayaku terbang..

moncong. Sayap di jari jari memiliki warna hitam
e. Termasuk amphibi arboreal* yang memiliki keunikan dengan jari - jari yang bisa dilebarkan seperti sayap sampai ke kaki dan bahkan ke badan si katak
f. Ukuran anggota tubuh bagian belakang lebih besar dari bagian depan.
 
Dengan fisik tubuh seperti poin 5 dan 6, memberikan kemampuan bagi si katak untuk terbang(gliding yang lebih lama) dari satu pohon ke pohon lain
Flying Frog hidup di atas pohon di dalam hutan tropis yang lembab, tersebar di wilayah malaysia dan kalimantan(borneo).
 
Sebagaimana dengan katak - katak lain, flying frog juga bereproduksi dan bermetamorfosis sedemikian rupa, yakni dari Telur - Kecebong - Kecebong Berkaki - Katak ABG - Katak Dewasa. Sebelum terjadi perkawinan, Katak betina akan turun dari pohon dan mengeluarkan cairan dan dibuat menjadi busa dengan kaki belakangnya. Katak betina pun akan meletakkan telur telur(masih infertile) ke dalam sarang busa yang telah dibuatnya. Pada saat yang sama, katak jantan akan membuahi telur dengan sperma dan akhirnya telur berada di atas air dengan busa busa yang telah dibuat katak betina. Embrio yang ada di dalam telur akan berkembang menjadi kecebong dan keluar dari dalam telur.
 
Katak ini menghabiskan harinya di atas pepohonan di dalam hutan tropis, makanan kesukaannya serangga-serangga kecil yang terdapat dipepohonan dan invertebrata.
Untuk kemampuan terbangnya jangan diragukan lagi katak ini dapat terbang dari satu pohon kepohon lain dengan jarak sampai 15 meter. Tetapi Ironisnya, sebagian Katak ini memilih untuk menaruh telurnya di kubangan badak asia yang terancam punah, sehingga hal ini juga mengganggu populasi katak ini.
 

2.   FLYING SQUIRREL  (Glaucomys Sabrinus)

Petaurista petaurista asal kalimantan...salah satu tupai terbesar didunia.

Petaurista petaurista asal kalimantan...salah satu tupai terbesar didunia.

Tupai yang satu ini punya kemampuan unik yang istimewa. Ia adalah satu-satunya jenis tupai yang bisa melayang di udara. Keistimewaan ini didukung perangkat “glider” berupa lapisan kulit di sisi kiri dan kanannya yang menghubungkan kaki depan dan belakangnya. Saat si tupai meregangkan keempat kakinya, lapisan kulit ini pun terkembang bagai sayap parasut, yang membuatnya mampu melayang di udara.

Tupai terbang begitulah ia disebut salah satu jenis hewan pengerat ini selalu menggunakan keistimewaannya sepanjang hidupnya. Digunakan untuk berpindah tempat dari satu pohon ke pohon yang lain. Lalu ekornya yang cenderung lepes menjadi kendali prima arah penerbangannya. Gaya terbang khasnya bukanlah lurus segaris tapi membuat gerakan nyaris melengkung. Polanya, setelah melompat dari satu pohon ia membuat satu “tukikan” lalu mel
tidak terbang... mungkin lebih tepatnya melayang...

tidak terbang... mungkin lebih tepatnya melayang...

ayang lurus, barulah membuat gerakan naik dan hup… mendarat di sasaran dengan menancapkan “roda pendarat” berupa cakar kuat yang tajam di keempat kakinya! bayangkanTupai ini dapat berpindah dari satu pohon kepohon lainnya walaupun ketinggian pohon itu  50 meter. 
 
Mengandalkan sumber makanan berupa berbagai jenis tanaman, biji-bijian, kacang-kacangan, dedaunan, ranting muda, pucuk tanaman, bunga dan akar-akaran. Atau menyelingi menu hariannya dengan aneka serangga, telur, cacing, burung-burung kecil, dan hewan lain yang ukuran tubuhnya kecil. Sesekali juga, tupai terbang akan menyeret bangkai. Jadilah ia hewan omnivora (pemakan segala), paduan herbivora dan karnivora.
Di Indonesia, tupai-tupai terbang tersebar di hampir semua pulau-pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa. Tetapi tak pernah ditemukan di Papua. Di negeri ini ia punya nama khusus yaitu “bajing loncat” atau “bajing terbang”.

Bahkan di Kalimantan, ada bajing terbang ada yang berukuran “raksasa” sampai 1,3 meter. Dialah tupai terbang merah raksasa (Petaurista petaurista) yang mampu meluncur dan melayang sejauh 450 meter di kegelapan malam!
 

3. FLYING FISH

 bisa bertahan diudara selama 45 detik

bisa bertahan diudara selama 45 detik

Exocoetidae atau ikan terbang adalah familia ikan laut yang terdiri atas sekitar 50 spesies yang dikelompokkan dalam 7 hingga 9 genera. Ikan terbang ditemukan di semua samudra utama, terutama di perairan tropis dan subtropis di samudera Atlantik, Pasifik dan Hindia. Ciri utamanya yng paling menonjol adalah sirip  dadanya yang besar, memungkinkan ikan ini meluncur terbang secara singkat di udara, di atas permukaan air, untuk lari dari pemangsa. Peluncuran mereka biasanya sejauh sekitar 50 meter, namun mereka dapat menggunakan dorongan pada tepi gelombang hingga dapat mencapai jarak setidaknya 400m.
 
Mekanisme bagaimana ikan ini bisa terbang juga sederhana saja. Awalnya mereka akan berakselerasi di dalam air hingga mencapai kecepatan 70 km/jam dibantu oleh kepakan ekor mereka. Sekali mereka melompat di atas air, sirip-siripnya akan mengembang dan memanfaatkan angin untuk meraih ketinggian. Adakalanya mereka memukulkan ekornya untuk tetap melompat tinggi dan mengubah arah.
 
keunikannya dapat terbang ini menjadi andalannya ketika harus lari dari predatornya seperti ikan-ikan mackerel, tuna, swordfish dan marlin. Meski demikian ikan ini juga berhati-hati terhadap ancaman paruh burung-burung
di atasnya, di samping ikan ini juga diburu oleh nelayan-nelayan di Jepang dan Barbados untuk santapan, karena nilai gizi dari ikan ini khususnya telurnya sangatlah tinggi, penelitian menunjukan bahwa telur ikan terbang dapat digunakan untuk obat-obatan karena banyak mengandung karagen.
 
 
(dari beberapa sumber)
 
 
*arboreal = mengacu pada sifat (yang) hidup di pepohonan.
 
 
{jcomments on}