POLL

Setelah Lulus SMP, Tujuan kamu adalah
 

Kamu Perlu Tahu

Logo Kampus Vincentius
vincentius
article thumbnail

  Makna Logo: · Sebuah pohon dengan 3 buah cabang. Kampus Santo Vincentius yang kokoh bersatu sebagai tempat untuk mendidik generasi muda · 3 cabang dengan 3 lingkaran d [ ... ]


Kamera In Action

  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera
  • Tertangkap Kamera

Sekitar Kita

PSB2018
06/10/2016 | vincentius
article thumbnail

Untuk Informasi Lebih Lanjut silahkan Hubungi Kami. Form Pendaftaran TK dapat di Download disini. Form Pendaftaran SD dapat di Download disini. Form Pendaftaran SMP dapat di Download disini.  [ ... ]


Kreatif
22/09/2016 | vincentius
article thumbnail

Menumbuhkan Kreatifitas Anak   Semua orangtua ingin anaknya kreatif dan pandai. Kreativitas tidak muncul tiba-tiba, tetapi tahap demi tahap tumbuh dari pengalaman sehari-hari sejak usia dini. Salah [ ... ]


Other Articles
ujicoba

 UJI COBA MARS500 : ISOLASI 520 HARI

 

Enam orang yang beruntung akan menghabiskan waktu 520 hari di isolasi, sebagai bagian dari sebuah percobaan untuk melihat bagaimana manusia akan menghadapi perjalanan panjang ke luar angkasa.

Pada 3 Juni lalu, tiga orang warga Rusia, satu orang keturunan Kolombia-Itali, satu orang warga Prancis, dan seorang warga China akan diisolasi dalam sebuah kompartemen tertutup sebagai simulasi perjalanan ke Mars dan dibiarkan berada di ruangan tersebut hingga November 2011. Seorang kosmonot bahkan sampai merelakan menunda bulan madunya agar ia dapat menjalankan sesi latihan selama 18 bulan ini.

Walaupun ini hanya sekedar simulasi dan tidak benar-benar memberangkatkan mereka kemars tetapi ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan untuk mengetahui seberapa besar isolasi ini mempengaruhi manusia. Uji coba ini dinamakan Mars500.

Memang selama 520 hari waktu yang dibutuhkan untuk menjalani misi ke Mars. Untuk perjalanan berangkat ke Mars yang berjarak 78 juta kilometer dari Bumi butuh waktu 250 hari. Butuh waktu 30 hari untuk mengorbit di planet itu, dan 240 hari untuk perjalanan pulang ke Bumi. 

"Ini merupakan penerbangan selama 520 hari ke Mars, belum pernah terjadi sebelumnya dengan durasi selama itu. Saya pikir, jika berbicara mengenai misi manusia ke Mars, mungkin akan terjadi sekira 20, bahkan 30 tahun lagi untuk bisa ke sana," ujar Kepala Penelitian di Badan Luar Angkasa Eropa Martin Zell, seperti dikutip melalui Straits Times, (20/5/2010).

Enam orang ini akan berbagi ruangan masing-masing tiga meter persegi dalam fasilitas yang dimiliki Institute of Biomedical Problems di Moskow. Mereka akan masuk dalam alat itu tujuh hari seminggu dengan libur dua hari, kecuali saat khusus dan situasi darurat yang disimulasikan.
Selama berada di dalam kapsul mereka akan menjalani aneka kegiatan riset. Waktu hidup mereka sehari dibagi tiga, yakni selama delapan jam bekerja, delapan jam tidur, dan delapan jam rekreasi.

Untuk berkomunikasi dengan dunia luar dilakukan dengan menggunakan surat elektronik alias e-mail. Namun, e-mail dari dan kepada mereka akan mengalami penundaan selama sekitar 40 menit. Jeda waktu ini untuk menyimulasikan keadaan riil di ruang angkasa yang amat jauh dan banyak gangguan.

Selama 520 hari mereka menyantap makanan kalengan seperti yang dikonsumsi para awak stasiun ruang angkasa. Mandi hanya dilakukan seminggu sekali.
Eksperimen sejenis pernah dilakukan pada 1999 - 2000, di tempat yang sama. Ketika itu eksperimen terpaksa digagalkan di tengah jalan karena seorang awaknya, perempuan asal Kanada, minta berhenti gara-gara dicium paksa oleh kapten awak, lelaki warga Rusia.

Dalam percobaan kali ini awak juga dibolehkan minta berhenti jika mempunyai alasan yang bisa diterima. Misi percobaan ini juga bisa dihentikan jika terjadi kondisi yang membahayakan jiwa mereka.

Eksperimen tersebut jelaslah teramat penting. Sejauh belum ditemukan metode yang pas untuk membuat beberapa orang bisa rukun dan bekerja sama selama 520 hari di dalam ruang seukuran bus kota, maka misi manusia ke Mars pastilah tak bisa direalisasi